Khasiat Sawi Bagi Penderita Kolesterol

By | August 22, 2017

Khasiat Sawi Bagi Penderita Kolesterol

Khasiat Sawi Bagi Penderita Kolesterol

Khasiat Sawi Bagi Penderita Kolesterol – Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh kita tetap dalam kondisi normal, hanya saja kita terkadang enggan dan malas untuk melakukannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Salah satu penyebab kolesterol itu sendiri sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat ditambah dengan malas berolahraga. Ini dia beberapa ciri-ciri penyakit kolesterol yaitu nyeri leher dan punggung, sakit kepala, sering kesemutan. Ada beberapa cara mengatasinya seperti mengkonsumsi obat herbal, dan mengkonsumsi obat kolesterol di apotik.

Menurut Glady Block, Ph.D, dari University of California di Berkeley, Amerika Serikat, konsumsi sayuran hijau secara teratur dapat menyusutkan resiko penyakit kanker hingga separuhnya. Tidak hanya itu, Dr. Joann Manson dari Harvard Medical Scholl juga menyebutkan bahwa konsumsi sayuran hijau juga mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler seperti stroke, jantung koroner, dan hipertensi. Salah satu jenius sayuran hijau yang sangat populer di Indonesia adalah sawi.
Ya sawi merupakan salah satu sayuran yang bagus dikonsumsi bagi penderita kolesterol. Mereka yang suka makan mie pangsit, bakso, gado-gado, dan lainnya pasti sudah familiar dengan mustard sayuran. Tapi sayang, ada sebagian orang yang tidak mau dan tidak suka memakannya padahal banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.
Di balik itu semua, sawi hijau menyimpan segudang manfaat kesehatan bagi tubuh kita, di antaranya adalah fungsi menurunkan kadar asam folat dan asam urat di tubuh kita. Hal ini karena berbagai nutrisi seperti serat, vitamin C, vitamin E, beta karoten, kalium, fosfor, zat besi dan kalsium dapat mencegah terjadinya oksidasi LDL di dalam tubuh.
Sawi hijau memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Dan tubuh kita membutuhkan serat untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Di dalam saluran pencernaan, serat akan mengikat asam empedu (produk akhir kolesterol) dan kemudian dikeluarkan bersama feses.


Vitamin tertinggi dalam sayuran sawi ini adalah vitamin K, yang sangat berguna untuk pembekuan darah, sehingga luka akan cepat mengering. Sawi sangat rendah kalori (26 kkal per 100 g daun mentah) dan lemak, tapi kaya serat, dianjurkan dalam program pengendalian kolesterol dan pengurangan berat badan.

Daunnya yang hijau gelap mengandung serat yang sangat baik, yang membantu mengendalikan kolesterol dan melindungi terhadap wasir, sembelit, dan kanker usus besar. Manfaat Sawi juga dikenal sebagai penangkal kanker, mencegah anemia pada wanita hamil. Karena itu, ibu hamil disarankan untuk lupa memakannya.
Semakin tinggi mengkonsumsi serat sawi, maka akan semakin banyak asam empedu dan lemak yang dikeluarkan oleh tubuh untuk mengurangi kolestrol. Serat pada sawi juga sangat berguna mencegah diabetes melitus dan terjadinya kanker kolon.


Daun sawi segar adalah sumber vitamin C yang memberikan 70 mcg atau sekitar 117% AKG per 100 g. Vitamin C (asam askorbat) adalah antioksidan alami dan kuat yang berfungsi untuk melawan radikal bebas dan infeksi virus yang menyebabkan penyakit di tubuh. 
Untuk kandungan vitamin C-nya, beberapa ahli mengatakan bahwa kadarnya hampir sama seperti jeruk. Ini sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Tak heran kalau mereka yang rajin makan sayur alami ini, kesehatannya jadi terjaga.
Jadi jangan malas lagi makan sawi karena banyak manfaat yang terdapat dalam sayuran sawi, minimal masukan dia dalam daftar salah satu sayur yang wajib dikonsumsi dalam satu minggu. Itu dia sekilas manfaat sayur sawi bagi penderita kolesterol kami menyarankan Anda mengkonsumsi QnC Jelly Gamat untuk mencegah dan mengatasi kolesterol. Info lebih lanjut klik -> Obat Kolesterol Di Apotik

Khasiat Sawi Bagi Penderita Kolesterol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *