Alpukat Buah Penurun Kolesterol

By | September 22, 2017

Alpukat Buah Penurun Kolesterol

Alpukat Buah Penurun Kolesterol

Alpukat Buah Penurun KolesterolBanyak cara yang dilakukan penderita kolesterol tinggi untuk menurunkannya, dimulai dari mengkonsumsi obat kolesterol, menjaga pola hidup, pola makan, berolahraga dan sebagainya.

Kolesterol tinggi sendiri termasuk penyakit yang cukup karena bisa menimbulkan penyakit-penyakit berbahaya seperti stroke, dan masalah jantung. Kolesterol tidak hanya menyerang kalangan orang tua saja tapi anak-anak muda pun bisa jika tidak memerhatikan pola hidupnya dengan baik.

Ada beberapa buah yang dipercaya bisa menurunkan kadar koleterol jahat dalam tubuh, seperti apel untuk obat kolesterol, jeruk nipis juga bisa mengatasi kolesterol. Tapi tahukah Anda jika buah Alpukat juga bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Alpukat Buah Penurun Kolesterol

Buah yang diyakini berasal dari Amerika tengah ini bernama latin Persea americana. Buah ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 1920-1930an oleh Hindia Belanda, Indonesia juga termasuk negara penghasil buah alpukat terbesar setelah Meksiko. Dan satu-satunya negara di luar Amerika yang menempati 10 besar. Buah ini lebih dikenal dengan jus-nya walau da yang membuat kreasi lain dari buah ini seperti 

Dalam buah alpukat terkandung vitamin A, vitamin C, vitamin B6, vitamin E, vitamin K, folat, tembaga, kalium, kalsium, serta magnesium. Tidak seperti buah yang lainnya alpukat mengandung lemak yang cukup tinggi yang memberikan sekitar 70% hingga 80% dari total kalori. Kandungan lemak di dalamnya bisa 20 kali lebih besar dari rata-rata kandungan lemak dalam buah lainnya. Buah alpukat mengandung 30 gram lemak dan 20 gram diantaranya terdiri dari asam oleat yaitu asam lemak tak jenuh yang banyak dikandung dalam minyak zaitun.

Dulu banyak orang malas mengkonsumsi kolesterol karena takut akan kandungan lemaknya yang banyak. Ternyata lemak yang terkandung dalam buah alpukat ini adalah lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan.

Kolesterol baik ini bisa membantu menurunkan kadar trigliserida di dalam darah, kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida sering membentuk plak pada dinding pembuluh darah yang nantinya lama-kelamaan bisa menyumbat pembuluh darah. Jadi dengan mengkonsumsi alpukat secara tidak langsung bisa mencegah terjadinya penyakit jantung serta stroke.

Sebuah riset menyatakan bila mengkonsumsi buah alpukat secara teratur dan tidak berlebihan berefek pada kadar trigliserida yang turun hingga 20%, kadar kolesterol jahat turun hingga 22%, serta kadar kolesterol baik (HDL) naik hingga 11%.

Journal of Clinical Lipidology menyatakan jika orang yang mengkonsumsi satu buah atau setengah buah alpukat per-harinya secara teratur menunjukan penurunan kadar kolesterol secara signifikan. Konsumsi alpukat bisa menyingkirkan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Dalam buah alpukat rata-rata mengandung 200 hingga 300 kalori, ini merupakan jumlah yang cukup besar bagi buah-buahan. Mengkonsumsi alpukat secara berlebih bisa membuat Anda lebih cepat gemuk. 

Tak hanya baik untuk kolesterol kandungan vitamin E dalam alpukat juga banyak digunakan para produsen menjadi produk-produk kecantikan. Kandungan antioksidan yang ada pada buah alpukat juga bisa menjadi penangkal radikal bebas serta bisa mencegah terjadinya penyakit kanker.

Salah satu cara konsumsi alpukat :

Bahan ;

  • Alpukat yang sudah dicuci bersih
  • Madu asli atau bisa dengan susu yang rendah kadar kalori gula
  • Es batu bila perlu

Cara membuat;

  • Masukan alpukat yang sudah di potong-potong dan dibuang bijinya ke dalam blender,
  • Tunggu hingga halus,
  • Kemudian masukan madu asli ke dalam blender sekitar 1-2 sendok, sesuaikan dengan banyaknya alpukat.
  • Untuk lebih nikmat bisa dicampur es batu atau bisa juga dengan dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu.
  • Konsumsi secara rutin hingga terasa manfaatnya.

Bila ingin memakannya langsung itu lebih baik, karena bila sudah dibuat jus atau sop buah akan bercampur dengan bahan-bahan lainnya terutama yang tidak sehat.

Bila Anda sudah mencoba tapi kolesterol masih saja tinggi kami menyarankan menggunakan obat kolesterol yang sudah terbukti khasiat untuk menurunkan kolesterol yang tidak menimbulkan efek samping. Untuk Informasi lebih lanjut klik -> Obat Kolesterol Di Apotik

Baca juga :

Benarkah Penderita Kolesterol Harus Jauhi Susu

Minum Teh Untuk Atasi Kolesterol

Obat Sakit Kepala Berat

Tanaman Pengencer Darah

Cara Memasak Daging Untuk Kolesterol

Alpukat Buah Penurun Kolesterol

One thought on “Alpukat Buah Penurun Kolesterol

  1. Pingback: Air Kelapa Muda Turunkan Kolesterol, Benarkah? Ini Penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *