Jenis Olahraga Penurun Kolesterol Tinggi

By | May 23, 2017

Jenis Olahraga Penurun Kolesterol Tinggi

Melakukan aktivitas olahraga memang sangat baik dan juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain membuat tubuh kita terasa segar dan ringan, ternyata olahraga juga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh. Jenis Olahraga Penurun Kolesterol Tinggi juga memiliki sangat beragam.

Jenis Olahraga Penurun Kolesterol Tinggi

Aktivitas olahraga sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dikarenakan pada saat berolahraga otot sangat membutuhkan energi, energi tersebut dapat ditemukan pada gula. Setelah gula habis, secara otomatis lemak akan terbakar sebagai sumber energi sehingga lemak tersebut digunakan sebagai energi yang akibatnya kadar kolesterol jahat akan semakin berkurang. Selain mengkonsumsi obat tradisional penurun kolesterol, melakukan olahraga dan menjalani diet kolesterol merupakan kunci utama untuk menurunkan kadar kolesterol.

Penderita kolesterol disarankan untuk berolahraga secara rutin dan teratur. Banyak penderita kolesterol yang enggan untuk melakukan olahraga sehingga proses menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh berjalan sangat lambat, padahal olahraga sangat berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol. Lalu, olahraga apa saja yang sangat baik untuk penderita kolesterol? Langsung saja kita simak berikut ini.

1. Aerobik

Aerobik merupakan salah satu olahraga yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Olahraga aerobik membuat otot-otot organ jantung memompa lebih kuat dan lebih cepat sehingga mampu meningkatkan sistem kinerja metabolisme tubuh dalam proses pembakaran lemak dalam darah. Menurut pakar metabolik dan endokrinologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Em Yunir mengatakan bahwa aerobik sangat ampuh untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Gerakan teratur pada saat melakukan aerobik mampu membakar lemak sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL secara alami.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menumpuk di dalam pembuluh darah sehingga mampu menyumbat saluran pembuluh darah ke jantung maupun ke otak. Penderita kolesterol harus melakukan aerobik setidaknya 2×24 jam atau dua kali sehari. Hal tersebut dikarenakan hormon yang mengetahui gerakan teratur tersebut akan merangsang untuk berproduksi dalam waktu 2×24 jam. Jika penderita aerobik tidak ingin melakukan aerobik, penderita kolesterol dapat menggantinya dengan berjalan sebanyak 10 ribu langkah perhari.

2. Taichi

Banyak orang yang tidak terlalu mengenal jenis olahraga ini. Taichi merupakan salah satu jenis seni bela diri yang sekarang menjadi jenis olahraga yang tidak terlalu bebas bergerak karena sakit atau faktor usia. Taichi memiliki gerakan yang lambat dan lembut sehingga sangat cocok untuk orang yang sehingga melatih jantung tanpa harus bergerak terlalu keras. Meskipun memiliki gerakan yang cukup lambat, gerakan taichi tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Menurut sebuah studi mengungkapkan bahwa gerakan taichi mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh sebesar 7% yang mana jenis kolesterol LDL dapat turun sekitar 12% hingga 15% sedangkan kolesterol baik atau HDL meningkat sebesar 7%.

3. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga kombinasi antara gerakan, pernapasan dan ketenangan pikiran. Ketika melakukan yoga anda akan merasakan ketenangan dan menurunkan stress yang sudah menumpuk di dalam kepala. Hal tersebut rupanya sangat berpengaruh terhadap kolesterol jahat dalam darah yang menyebabkan penyakit jantung. Berdasarkan penelitian, melakukan yoga secara rutin dan teratur mampu menurunkan LDL atau kolesterol jahat dari 14% hingga 35%. Sementara itu, yoga uga mampu menaikkan kadar kolesterol baik dengan hasil yang beragam. Penelitian tersebut berdasarkan pada mereka yang melakukan yoga dari 2 bulan hingga 5 tahun.

4. Jogging, Berlari, Bersepeda dan Berenang

Olahraga yang terakhir untuk penderita kolesterol tinggi adalah olahraga yang paling banyak dilakukan yaitu jogging, berlari, bersepeda hingga berenang. Olahraga-olahraga tersebut mampu merangsang produksi enzim tertentu untuk mengalihkan LDL kolesterol dari darah menuju hati. Hal tersebut dilakukan karena hati merupakan tempat dimana LDL kolesterol akan diproses untuk dibuang dari dalam tubuh. Hanya dengan melakukan olahraga tersebut selama 30 menit mampu membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.

Itulah beberapa jenis olahraga yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Tentunya, olahraga tersebut mempunyai batas idealnya. Secara umum, batas minimal waktu berolahraga yang ideal adalah selama 150 menit dalam seminggu. Jumlah ideal tersebut sudah mampu membakar kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh sehingga jumlah kadar kolesterol menjadi seimbang.

Tidak hanya olahraganya saja, penderita kolesterol tinggi juga harus melakukan pola hidup sehat lainnya dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk penderita kolesterol seperti sayuran untuk penderita kolesterol tinggi agar cepat sembuh tidak lupa juga dengan buah buahan penurun kolesterol tinggi. Agar kolesterol tinggi dapat sembuh dengan sempurna cobalah mengkonsumsi obat tradisional kolesterol tinggi di apotik yang sudah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami dalam waktu yang relatif singkat.

Jenis Olahraga Penurun Kolesterol Tinggi

One thought on “Jenis Olahraga Penurun Kolesterol Tinggi

  1. Pingback: Olahraga Penurun Kolesterol Tinggi Paling Ampuh | Jeumpanews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *