Kolesterol – Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

By | May 17, 2017

Kolesterol – Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

Kolesterol – Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya – Kolesterol tinggi atau yang dikenal dalam bahasa medis dengan hiperkolesterolemia merupakan salah satu kondisi yang mana kadar kolesterol dalam darah melewati batas kadar kolesterol yang normal. Kolesterol adalah senyawa lemak kompleks yang dihasilkan oleh organ hati dan sisanya didapatkan dari makanan.

Kolesterol - Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius. Biasanya penyakit tersebut masih berkaitan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah seperti serangan jantung dan stroke. Di Indonesia sendiri, masalah kolesterol tinggi sudah sering terjadi bahkan menurut data yang dilaporkan oleh WHO pada tahun 2011, mengatakan sekitar 35% penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol yang tinggi jauh dari kata normal yang baik untuk kesehatan. 

Sebenarnya, kolesterol tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh yang berfungsi untuk membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi dengan baik. Kolesterol juga mampu mendorong tubuh untuk memproduksi vitamin D, asam empedu dan beberapa hormon untuk mencerna lemak. Secara umum, kadar kolesterol yang seharusnya dimiliki setiap tubuh manusia adalah tidak lebih dari 200 mg/dl, dengan kadar kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein) di bawah angka 130 dan kolesterol baik (High Density Lipoprotein) di atas angka 40.

Penyebab Kolesterol

Naiknya kadar kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh beberapa hal salah satunya gaya hidup. Gaya hidup yang tidak sehat dapat memicu kadar kolesterol jahat meningkat. Berikut ini beberapa hal yang termasuk ke dalam gaya hidup yang tidak sehat antara lain:

  • Malas berolahraga atau kurang melakukan aktivitas fisik.
  • Sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Hal yang dapat memicu tingginya kadar kolesterol di dalam darah adalah mengkonsumsi makanan yang di dalamnya terdapat kadar lemak jenuh yang sangat tinggi. Makanan yang kaya akan lemak jenuh diantaranya daging kambing, jeroan, otak sapi, santan, kulit ayam, udang, telur burung puyuh, kerang, cumi, dan daging bebek dengan kulit.
  • Merokok. Orang yang terlalu banyak merokok dapat meningkatkan resiko terkena kolesterol tinggi, sebab di dalam rokok terdapat zat kimia yang disebut dengan akrolein. Zat tersebut dapat mengakhiri aktivitas kolesterol baik atau HDL untuk membawa timbunan lemak dari tubuh menuju hati untuk dibuang. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya penyempitan arteri atau aterosklerosis.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras.

Tidak hanya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, ternyata kolesterol tinggi juga dapat disebabkan oleh faktor lain seperti faktor keturunan. Kolesterol tinggi yang terdapat di dalam sebuah keluarga disebut dengan familial hypercholesterolaemia. Sekitar satu dari lima ratus orang mewarisi kondisi ini dari orang tuanya. Selain itu, orang yang obesitas atau memiliki lingkar pinggang yang berlebihan dapat terkena kolesterol tinggi. Obesitas memiliki indeks massa tubuh di atas 25 (kg/m2) sedangkan pinggang yang berlebihan melewati 90 cm untuk laki-laki dan 80 cm untuk perempuan.

Kolesterol tinggi juga dapat dialami oleh ras-ras tertentu di dunia. Orang yang memiliki keturunan India, Sri Lanka, Bangladesh atau Pakista memiliki risiko lebih tinggi terkena kolesterol tinggi. Tidak hanya ras, usia juga menjadi faktor penentu. Seiring dengan pertambahan usia risiko terkena penyempitan arteri atau aterosklerosis semakin meningkat.

Gejala Kolesterol Tinggi

Gejala atau ciri ciri kolesterol tinggi dapat mudah dirasakan karena berdampak langsung pada mekanime tubuh. Ketika kolesterol tinggi, anda dapat dengan mudah mengenali gejala awal yang sering muncul. Berikut ini beberapa gejala dari kolesterol tinggi meliputi:

  • Kesulitan bernapas.
  • Nyeri dada.
  • Tubuh mengalami lelah berlebihan.
  • Sakit tangan dan kaki.
  • Nyeri leher dan punggung.
  • Sakit kepala.
  • Sering kesemutan.
  • Mual dan muntah.
  • Wajah memerah.
  • Kehilangan keseimbangan.
  • Emosi tidak stabil.
  • Otot kaki menjadi lemah.

Cara Mengobati Kolesterol Tinggi

Apabila anda sudah tentu menderita kolesterol tinggi, hal yang anda lakukan untuk membantu menyembuhkan kolesterol tinggi adalah dengan mengubah pola makan, sering berolahraga serta tidak merokok dan berhenti mengkonsumsi alkohol. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk penderita kolesterol dengan kandungan lemak jenuh yang rendah sangat efektif dalam menurunkan tingkat kolesterol jahat di dalam tubuh. Untuk pria tidak boleh mengkonsumsi lemak jenuh lebih dari 30 gram perhari, sedangkan untuk perempuan tidak boleh mengkonsumsi lemak jenuh lebih dari 20 gram perhari.

Jika dalam beberapa bulan kolesterol tidak turun, meskipun sudah menjalani pola hidup sehat. Maka dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi obat penurun kolesterol. Salah satu obat kolesterol tinggi yang menjadi andalan dan terbukti menurunkan kolesterol tinggi secara alami tanpa efek samping yang membahayakan tubuh adalah obat herbal QnC jelly Gamat. Informasi selengkapnya mengenai khasiat obat QnC Jelly Gamat dalam mengobati kolesterol tinggi silahkan klik -> Obat Kolesterol Tinggi Di Apotik

Kolesterol – Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

4 thoughts on “Kolesterol – Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

  1. Pingback: Ketahuilah Penyebab Kolesterol Tinggi Di Usia Muda

  2. Pingback: Tips Menjaga Kadar Kolesterol Agar Tetap Normal

  3. Pingback: Cara Mencegah Kolesterol Dari Dini Yang Wajib Diketahui

  4. Pingback: Inilah Bahaya Dibalik Kolesterol Tinggi Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *