Ramuan Tradisional Untuk Menurunkan Kolesterol

By | May 24, 2017

Ramuan Tradisional Untuk Menurunkan Kolesterol

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak orang yang terkena kolesterol tinggi pada usia muda. Hal tersebut dikarenakan pilihan pola hidup yang tidak sehat seperti sering mengkonsumsi makanan cepat saji, makanan berlemak tinggi serta kurangnya menjalankan aktivitas olahraga. 

Ramuan Tradisional Untuk Menurunkan Kolesterol

Ketika kita menderita kolesterol tinggi, banyak sekali pantangan yang harus dihindari mulai dari menjauhi makanan penyebab kolesterol tinggi hingga harus melakukan beberapa jenis olahraga untuk menurunkan kolesterol tinggi serta menjalankan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi menu makanan sehat untuk penderita kolesterol. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh sehingga kadar kolesterol menjadi tetap stabil.

Jika kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh diabaikan begitu saja tanpa adanya penanganan, maka akan meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke dan sebagainya. Maka dari itu, banyak orang yang ingin menurunkan kolesterol tinggi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol mulai dari mengkonsumsi obat penurun kolesterol hingga melakukan terapi-terapi modern. Ada juga yang mengkonsumsi Ramuan Tradisional Untuk Menurunkan Kolesterol yang terbuat dari berbagai bahan alami. Nah, pada kali ini kami ingin sedikit berbagai informasi mengenai ramuan tradisional apa saja yang sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Tak perlu berlama lagi, kita simak berikut ini.

1. Rebusan Air Ketumbar

Ketumbar merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dalam setiap masakan agar meningkatkan rasa dan aroma dari setiap masakan tersebut. Selain digunakan sebagai penyedap rasa, ternyata ketumbar juga sangat baik untuk kolesterol tinggi. Kandungan alami yang terdapat di dalam ketumbar diketahui mampu meningkatkan kolesterol baik dan melawan kolesterol jahat yang berlebih di dalam tubuh. Untuk mengkonsumsi ketumbar sebagai obat tradisional kolesterol, anda bisa mengikuti cara berikut ini:

  • Rebus 2 sendok ketumbar dengan 1 gelas air hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, saring dan dinginkan air rebusan tersebut lalu minum pada pagi dan sore hari.
  • Bisa juga menambahkan madu atau susu untuk menambah rasa.

2. Cuka Sari Apel

Seperti yang kita tahu, bahwa cuka dari apel mampu mengatasi berbagai gangguan penyakit bahkan cuka sari apel disebut sebagai obat alami kolesterol karena sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kandungan asam yang cukup tinggi itulah yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, cuka sari apel juga mengandung bahan alami berupa flavonoid yang berguna untuk melawan kolesterol jahat dan trigliserida di dalam tubuh. Mengkonsumsi cuka apel disarankan harus menggunakan bahan apel murni yang belum dicampurkan bahan lain. Adapun cara mengkonsumsi cuka sari apel sebagai obat herbal kolesterol tinggi yang benar yaitu:

  • Minum satu sendok teh cuka sari apel dengan segelas air hangat, konsumsi selama 30-40 setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Jika kurang suka dengan rasanya, cuka sari apel bisa dicampurkan ke jus jeruk dan jus apel atau jus jeruk.

3. Daun Artichoke

Artichoke merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat baik menurunkan kadar kolesterol. Namun, sayuran ini sangat jarang ditemukan di Indonesia. Bagian artichoke yang berguna untuk menurunkan kolesterol adalah bagian daunnya. Di dalam daun artichoke terdapat senyawa alami yaitu cynarin yang berfungsi untuk meningkatkan produksi cairan empedu dalam hati. Efek meningkatnya cairan empedu tersebut mampu mengeluarkan kolesterol dari dalam tubuh, membuat kadar kolesterol dalam darah menurun drastis dan mencegah penumpukan kolesterol dalam arteri serta mampu membakar lemak jahat dalam tubuh. Untuk mengkonsumsinya, masukkan bahan daun artichoke yang sudah diekstrak ke dalam setiap masakan yang akan dikonsumsi.

4. Daun Salam

Daun salam ternyata sangat ampuh dalam membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal tersebut dikarenakan di dalam daun salam terdapat senyawa aktif flavonoid, saponin dan tanin. Kandungan flavonoid yang terdapat pada daun salam adalah quercetin yang mana berperan sebagai antioksidan kuat yang mampu mencegah oksidasi kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Sedangkan, kandungan tanin berfungsi sebagai antioksidan, hipokolesterolemi dan astringen. Tanin bereaksi dengan protein mukosa dan sel epitel usus yang mampu menghambat penyerapan lemak serta menekan penyerapan tubuh. Sementara itu, kandungan saponin berfungsi untuk mengikat kolesterol dengan asam empdeu yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Untuk menggunakan daun salam sebagai obat kolesterol alami anda bisa menggunakan cara dibawah ini:

  • Siapkan 10 lembar daun salam, 4 batang serai dan 5 lembar daun dewa.
  • Cuci bersih semua bahan tersebut dan rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih.
  • Saring rebusan tersebut kemudian minum airnya.
  • Minum rebusan tersebut 2 kali sehari, setelah makan siang dan makan malam.

Itulah beberapa ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol tinggi yang bisa digunakan oleh para penderita kolesterol tinggi. Sekian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menjadi perantara kesembuhan anda aamiin.

Ramuan Tradisional Untuk Menurunkan Kolesterol

2 thoughts on “Ramuan Tradisional Untuk Menurunkan Kolesterol

  1. Pingback: Ketahuilah Manfaat Jambu Biji Untuk Menurunkan Kolesterol

  2. Pingback: Inilah Penyebab Darah Kental dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *